Mengulik Sejarah Bank BRI di Museum Bank BRI Purwokerto

Museum BRI di Purwokerto
Museum BRI

Masih ingat dengan kuliner legendaris yang ada di Purwokerto, yaitu soto jalan bank? Salah satu kuliner andalan yang wajib dicoba ketika kita berkunjung ke Purwokerto. Selain memiliki rasa yang ciamik, Lokasi soto jalan bank yang terletak di antara Museum Bank BRI dan Bank BRI ini juga membuat keunikan tersendiri. Bank BRI merupakan salah satu bank tertua yang ada di Indonesia. Tapi taukah kamu Purwokerto merupakan cikal bakal berdirinya bank pertama dan terbesar di Indoensia ini?

Siapa yang tidak kenal dengan Bank BRI. Bank plat merah dan terbesar di Indonesia yang memiliki aset triliunan rupiah dan terus berkembang hingga saat ini. Di Purwokerto terdapat Museum Bank BRI dan destinasi wajib yang harus kamu kunjungi ketika berada di Purwokerto. Bangunan Museum Bank BRI inilah yang menjadi cikal bakal  berdirinya kantor Bank BRI pertama di Indonesia pada tahun 1895

Menurut sejarahnya, Bank BRI didirikan oleh seorang Patih Banyumas yang bernama Raden Bei Aria Wirjaatmadja pada tanggal 16 Desember 1985 dengan nama dalam  bahasa belanda De Poerwokerosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hooffden yang artinya Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto. Hal ini dilakukan Raden Aria sebagai salah satu solusi untuk membantu memberikan pinjaman dengan bunga rendah sebagai pelunasan hutang para guru dan priyayi pribumi kepada rentiner dengan bunga yang sangat tinggi.

Di dalam musem BRI, kita bisa menjumoai koleksi-koleksi  mata uang yang dulunya berlaku di Indoensia lohh.. ada yang bentuknya lucu-lucu baik itu uang kertas maupun uang logam. Selain itu kita juga bisa melihat peninggalan alat-alat keuangan yang pernah dipakai seperti mesin tik, mesin pembukuan dari berbagai merk, pesawat telepon, kalkulator jaman dulu, mesin penghitung uang, dan masih banyak lagi keunikan yang tersimpan di dalam Musem Bank BRI ini. Selain itu juga terdapat piagam penghargaan, akta pendirian Bank BRI berbahasa Belanda, dan foto-foto jajaran direksi Bank BRI

Museum Bank BRI dibuka setiap hari minggu hingga kamis mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Untuk masuk ke Museum Bank BRI juga gratis ailas tidak di pungut biaya apapun.

foto banyumaskab.go.id

(Visited 342 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*