Wisata Kuliner – Menikmati Mendoan Asli Purwokerto

mendoan asli purwokerto
mendoan purwokerto

Berwisata ke suatu kota tak akan lengkap bila tak mencicipi kuliner khas daerahnya. Terlebih jika makanan khas tradisional kota terkenal enak. Tujuan hati ingin menikmati keindahan kota, begitu mencicipi makanan khasnya, hati jadi lumer dan kelak akan selalu ingin kembali ke kota itu.

Purwokerto adalah salah satu kota di Jawa Tengah dengan beragam kuliner yang tersedia. Salah satu makanan khas jawara daerahnya adalah mendoan. Mendoan sendiri berasal dari bahasa panginyongan atau yang biasa dikenal sebagai “Jawa Ngapak”. “Mendo” dalam bahasa jawa memiliki  arti setengah matang. Jadi sebenarnya mendoan adalah tempe yang dibentuk tipis sekali dan dibalut tepung terigu ditambah bumbu dan digoreng setengah matang. Lebih nikmat apabila ditambah daun bawang dalam adonan tepungnya. Seiring berkembangnya waktu, ada pula mendoan yang digoreng kering sesuai selera. Nyamy….dijamin ketagihan bila dimakan hangat bersama cabai rawit hijau. Apalagi saat udara dingin atau malam hari dalam suasan santai dan penuh keakraban bersama keluarga tercinta.

Mendoan ini makanan yang bersifat fleksibel. Biasanya dihidangkan dalam acara formal sebagai bentuk hidangan kepada tamu atau bisa juga mendoan disajikan dalam acara informal untuk makanan di kafe atau teman berkumpulnya anak muda.

Di Purwokerto tidaklah sulit untuk menemukan penjual mendoan. Hampir setiap warung makan tradisional menyajikannya. Ada pula penjual gorengan di pinggir jalan. Kini bahkan mendoan telah naik kelas, hotel berbintang atau restoran ternama, serta kafe berkelas pasti menghadirkan mendoan dalam daftar menunya.

Rasa tempenya yang gurih berpadu dengan adonan tepung dan daun bawang yang wangi menghadirkan rasa legit yang nikmat  dan membuat ketagihan untuk makan lagi. Keunggulannya ini menjadikan mendoan sebagai maskot kuliner Purwokerto.

Harga yang dipatok untuk satu potong mendoan beragam mulai dari Rp. 1000 sampai Rp. 4000, tentu saja tergantung dari ukuran mendoan dan tempat anda membelinya. Harga sepotong mendoan yang dijual di pinggir jalan akan jauh lebih murah dibandingkan di kafe atau hotel serta restoran. Masing-masing tempat punya keunggulan sendiri-sendiri, sesuaikan dengan budget anda. Seberapapun itu, harganya masih sangat terjangkau di setiap kalangan masyarakat.

Jika anda suka memasak, anda bisa membuat mendoan sendiri di rumah.  Bahan – bahan yang perlu anda sediakan hanya tepung terigu, tempe, daun bawang, bawang putih, ketumbar, garam, kencur (optiona). Cukup haluskan bumbu bawang putih, ketumbar, garam, kencur secukupnya, lalu larutkan bersama tepung dan daun bawang sampai kental, lalu masukkan tempe mendoan, ratakan dan goreng dalam minyak panas dan api sedang. Bolak balik sampai setengah matang, lalu tiriskan. Mendoan siap dinikmati dengan teh manis hangat serta penuh kebahagiaan.

(Visited 254 times, 1 visits today)
About Admin Tanti 10 Articles
Produsen Gamis Anak cantik, Gamiskids Afkyta Asli Purwokerto Pengelola FP Afkyta Shop fashion dan IG@afkytashop Kontak bio for order 089675814562

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*